Breaking News

Tidak Benar Ada Aktivitas Pertambangan Di Entabuk Sungai Kubu Dusun Pelanjau

 


Sintang, Radar Jakarta. 

Beredar informasi bahwa aktivitas PETI di sungai kubu dan tepatnya desa Entabuk kecamatan Sungai Ayak kabupaten Sekadau atau jika kita masuk pasar sepauk kabupaten Sintang, menurut informasi masih beroperasi dan untuk mengecek kebenaran tersebut tim awak media mendatangi lokasi yang dimaksud untuk menyusuri sungai Kapuas, pada hari Selasa (17/9/2024)


Dari hasil penelusuran dilapangan dan langsung menuju lokasi yang dimaksud dengan menyewa spit milik warga sepauk, tim awak media ternyata tidak ada sama sekali aktivitas pertambangan emas yang dimaksud, bahkan lanting jek juga tidak ada kelihatan di tempat tersebut.


Dari informasi berita yang beredar dari surat kaleng yang sampai ke Polda beberapa waktu lalu oleh oknum tertentu itu HOAX (tidak benar) adanya aktivitas pertambangan PETI di wilayah yang dimaksud.


Aktivitas PETI ini sudah tidak lagi melakukan kegiatan tersebut, sejak adanya himbauan dari aparat penegak hukum agar tidak lagi melakukan aktivitas penambangan dilokasi tersebut, ungkap warga yang enggan disebutkan namanya.


"Ya bang sejak adanya himbauan tersebut dan akhirnya sudah bubar semuanya, makanya kita tidak lagi melakukan aktivitas penambangan, tapi akibat tidak lagi di bolehkan melakukan kerja, jadinya kami nganggur dan tidak ada pemasukan untuk keluarga, karena hanya kerja tambang yang bisa menghidupi keluarga, sedangkan pekerjaan lain kami tidak ada, juga kami tidak ada kebun" ucap warga tersebut.


(Eric.rj)

Warga juga berharap agar ada solusi dari pemerintah atau pemangku kebijakan untuk memberikan jalan keluar bagi masyarakat, karena jika terus-menerus bekerja sesuatu yang dilarang jadinya kami mau dikemanakan, ujarnya.


Diketahui bahwa wilayah tersebut merupakan perbatasan sepauk kabupaten Sintang dan belitang hilir kabupaten Sekadau, walaupun lebih dekat dengan pasar sepauk tapi secara batas wilayah masuk kabupaten Sekadau. (ns)

Tidak ada komentar