Breaking News

Polemik dan Kisruh, Pencopotan Sekda Polman oleh AIM.

 



Polman, Radar Jakarta News.com.

Pencopotan Sskretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), oleh Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar (AIM) ketika beliau masih menjabat Bupati Polman saat itu menyebabkan polemik dan kisruh di Lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Polman.

Hal tersebut dikatakan salah seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup Pemkab Polman yang enggan disebutkan identitasnya.

"Kacau balau keadaan di Polman pak usai Sekda Polman Andi Bebas Manggazali dicopot oleh pak Bupati AIM," katanya ketika dihubungi Radar Jakarta News.com, via telepon selulernya baru - baru ini.

Diketahui, Sekda Polman Andi Bebas Manggazali diberhentikan sebagai Sekda Polman pada tanggal 7 Januari 2024 lalu, atau di hari terakhir Bupati Polman AIM menjabat.

Hal tersebut sesuai dengan yang tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Bupati Polman Nomor 28 Tahun 2024 tentang Pemberhentian Jabatan Sekda Polman Andi Bebas Manggazali yang ditandatangani langsung oleh AIM.

Sebagai informasi, usai menerima SK tersebut, Ilham Borahima selaku Pj. Bupati Polman menyebut saat ini Pelaksana Harian (Plh) Sekda Polman dijabat oleh Agusnia Hasan Sulur.

"Kemarin Andi Bebas sudah melapor. Penggantiannya itu masih pejabat lama, SK nya tanggal 7 Januari 2024,"  kata Pj. Bupati Polman  Ilham Borahima kepada wartawan, Jumat (12/1/2024) lalu.

Ilham menyebut, pergantian itu masih pejabat lama yakni, saat masih AIM menjabat Bupati Polman, bukan setelah dirinya menjabat Pj. Bupati Polman.

Dia mengatakan, diberhentikannya Andi Bebas Manggazali sudah mendapat persetujuan dari Pj. Gubernur Sulbar dan semalam dirinya telah menandatangani Plh. Sekda Polman yakni, Agusnia Hasan Sulur.

"Karena kalau tidak ada Plh, Sekda, gaji para Pegawai Negeri Sipil (PNS) tidak akan cair dalam waktu dekat ini," terangnya.

Adapun mengenai alasan pencopotan Sekda Polman, kata dia, belum kami ketahui. 

"Silahkan tanyakan hal itu kepada BKD langsung," katanya.

Sebagai informasi penting, Andi Bebas Manggazali yang diberhentikan langsung pensiun. Padahal seharusnya Bebas pensiun pada Juli 2024 mendatang.

Menurut sumber Radar Jakarta News.com, pencopotan atau pemberhentian Sekda Polman Andi Bebas Manggazali oleh AIM disebabkan oleh keinginan Bebas untuk maju pada kontestasi politik pemilihan kepala daerah Polman yang akan digelar pada 27 November 2024 mendatang. 

Sementara itu, salah satu adik kandung AIM sedianya juga akan dimajukan selaku bakal calon bupati (bacabup) Polman pada ajang perhelatan politik lima tahunan itu.

Sampai berita ini diterbitkan, baik AIM maupun Bebas belum dapat dikonfirmasi terkait hal tersebut.


Reporter: Andi Razak BW/redaksi.

Tidak ada komentar