Breaking News

Sejumlah Nama Disebut - sebut Akan 'Bertarung' di Pilgub Sulbar 2024, Santer Diperbincangkan Warga.

 



Mamuju, Radar Jakarta News.com.

Pelaksanaan pemungutan suara direncanakan akan digelar secara serentak pada 27 November 2024 mendatang.

Total daerah yang akan melaksanakan Pemilihan Kelala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 sebanyak 548 daerah. Dengan rincian, 37 provinsi, 415 kabupaten, dan 98 kota.

Salah satu daerah yang akan menggelar Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub - Pilwagub) tersebut adalah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar).

Sejumlah nama disebut - sebut diprediksi akan ' bertarung' memperebutkan kursi orang nomor satu di bumi penghasil minyak kelapa sawit (CPO) itu santer diperbincangkan warga baik yang berdomisili di Sulbar, Sulsel, dan Sulteng. 

Di antara nama - nama tersebut adalah; pertama, Dr. H. Suhardi Duka, M.M (SDK) yang kini menjabat anggota DPR RI Fraksi Demokrat dapil Sulbar juga pernah menjabat bupati Mamuju dua periode 2005 - 2010 dan periode 2010 - 2015.

Kedua, H. Aras Tammauni, yang kini menjabat bupati Mamuju Tengah (Mateng) di periode kedua. Ia juga merupakan Ketua DPD I Golkar Sulbar.

Ketiga, Andi Ibrahim Masdar (AIM), yang kini menjabat bupati Polman di periode kedua. Ia merupakan adik mantan Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar (ABM).

Keempat, Prof.Dr.Ir.H. Husain Syam, M.TP., IPU., ASEAN Eng (PHS) yang merupakan Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) dua periode. 

Kelima, Hj. Enny Anggraeni, yang merupakan mantan Wakil - Gubernur (Wagub) Sulbar. Ia merupakan istri mantan Gubernur Sulbar dua periode Ir. Anwar Adnan Saleh (AAS) yang kini menakhodai Partai NasDem Sulbar.

Keenam, Ir. Agus Ambo Djiwa, M.P yang pernah menjabat bupati  dua periode di Mamuju Utara (Matra)  periode 2010 - 2015 dan periode 2015 - 2020 yang hingga kini masih menakhodai PDI-P Sulbar sebagai partai pemenang pemilu 2019 lalu.

Sebagai informasi, tensi politik tanah air kian memanas termasuk di Sulbar jelang 'pertarungan' politik 2024 mendatang.

"Kita sangat berharap kontestasi politik 2024 mendatang dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil, demokratis (luber, jurdil, demokratis) kondusif, aman, dan damai," kata Andi Raz, aktivis mahasiswa gerakan reformasi 1998 (progress'98) Makassar asal Sulbar.

Sementara itu, Rektor UNM, Prof. Husain Syam (PHS) ketika dikonfirmasi di kediamannya beberapa waktu lalu mengatakan, bahwa sangat yakin akan memenangkan Pilgub Sulbar 2024 mendatang.

"Saya yakin dapat memenangkan pilgub Sulbar 2024. Mengapa saya maju kalau tidak yakin akan menang. Harus yakin menang," optimisnya.

Adapun senator DPR RI Suhardi Duka (SDK) dihubungi via telepon beberapa waktu lalu mengatakan, saat ini belum bersedia maju sebagai cagub Sulbar. 

"Saya masih fokus menyelesaikan tugas - tugas sebagai anggota DPR RI dapil Sulbar dan mendaftar kembali selaku anggota DPR RI di periode kedua," singkat Ketua DPD  Demokrat Sulbar kelahiran, 10 Mei 1962. 

Diketahui, Kabupaten Mamuju saat ini dinakhodai Hj. Sitti Sutinah Suhardi, S.H., M.Si, putri sulung SDK dan DPRD Sulbar dipimpin Dr.Hj.St. Suraidah Suhardi, SE., M.Si, anak kedua SDK.

Sebagai catatan, Kabupaten Polman adalah daerah berpenduduk terbesar di Sulbar dari enam kabupaten yang ada dimana PHS dan AIM berasal.


Reporter: Andi Razak BW/redaksi.

Tidak ada komentar