Breaking News

Sekretaris Komisi lll DPRD Kota Bekasi Ingatkan Perumda Tirta Patriot Masih Banyak PR Pasca Akuisisi

 




BEKASI –RADAR JAKARTA 

 Sekretaris Komisi III DPRD Kota Bekasi, H. Bambang Supriyadi menyebut masih banyak persoalan yang perlu dirampungkan Perumda Tirta Patriot pasca dilakukan akuisisi dengan PDAM Tirta Bhagasasi.


“Yang pertama, bagaimana PDAM Tirta Patriot bisa membayar PAD, yang ke dua adalah menyikapi bagaimana terkait dengan program PDAM ke depan, yang ke tiga, apakah bahan baku (air) PDAM itu mencukupi,” kata Jibang sapaan akrab nya, H. Bambang Supriyadi usai rapat kerja dengan Perumda Tirta Patriot, Jumat (28/7/2023).


Sebab, dengan adanya akuisisi, kata dia, otomatis tanggung jawab program kerja Perumda Tirta Patriot akan menjadi lebih besar untuk memberikan pelayanan dalam mencukupi kebutuhan air bersih yang diperlukan masyarakat.


“Kalau sekarang katakanlah 40 ribu konsumen, besok (setelah akuisisi) bisa 120 ribu konsumen. Nah, persiapan – persiapannya kan harus dimatangkan itu, kalau sekarang bahan pokok airnya saja kesulitan, bagaimana nanti setelah akuisisi berjalan,” ujarnya


Terkait bahan pokok air, Jibang mengungkapkan, didalam rapat kerja Komisi III dengan Perumda Tirta Patriot juga membahas wacana penggunaan air sungai Kalimalang yang saat ini dikelola oleh Perusahaan Jasa Tirta II (PJT dua), untuk dijadikan sumber air Perumda Tirta Patriot.


“Kalau kendalanya ada aturan, bagaimana pemerintah bisa memfasilitasi agar kebutuhan pokok air itu bisa berbagi. Bayangkan, kebutuhan kita sekarang 8 ribu, tapi pasokannya cuma 2 ribu sampai 3 ribu. Artinya, masih ada kekurangan bahan pokok (air),” ungkapnya.


Baca Juga ▶   Ketua DPRD Kota Bekasi Desak Pemkot Berikan Kepastian Hukum Status Puluhan Ribu TKK


Selain itu, lanjutnya, pasca akuisisi dilaksanakan Perumda Tirta Patriot harus segera menginventarisir pipanisasi yang ada untuk menjaga mutu layanan air ke pelanggan.


“Sudah beberapa tahun itu (pipa) dipake, sudah menguntungkan berapa milyar?, tentunya penyusutannya itu ada. Korosi kebocoran, itu kan persoalan. Makanya tadi juga saya singgung bagaimana Tirta Patriot mengatasi itu,” tandasnya. (Adv Setwan)

Tidak ada komentar