Breaking News

MNEK, Event Internasional Latihan Angkatan LautTerbesar se ASEAN Digelar di Makassar 4 - 8 Juni 2023.

 





Makassar, Radar Jakarta News.com

Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023 diselenggarakan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) Minggu (4/6/2023) hingga Kamis (8/6/2023).

"Kegiatan ini akan diikuti 33 negara, lebih besar dari kegiatan F8 pada 2018 yang  diikuti 31 negara dan saya siap berikan yang terbaik," kata Wali Kota Makassar, Danny Pomanto, Selasa (30/5/2023) lalu.

Danny mengatakan, akan dibangun tugu MNEK 2023 di Makassar.

"Tugu itu tidak ada anggarannya, makanya saya minta CSR danai desainnya dan sudah disetujui," kata Wali Kota dua  periode ini, Senin (3/4/2023) lalu.

Menanggapi hal itu, Komandan Sub Satgas ENCAP MNEK 2023 Kolonel (Mar) Firman Gunawan mengapresiasi.

"Terima kasih pak wali, penempatan Monumen MNEK sangat stategis," katanya, Selasa (9/5/2023) lalu.

Terpisah, Komandan Lantamal VI Makassar Brigjen TNI Amir Kasman mengatakan, ada 33 negara sudah mengkonfirmasi kehadiran dalam pelaksanaan Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023. 

"Sampai hari ini baru 33 negara sahabat yang sudah menginformasikan ke kami  keikutsertaan MNEK 2023. Jumlah itu sudah cukup, tetapi kalau masih ada yang menginformasi sebelum pelaksanaan lebih baik lagi," kata jenderal bintang satu AL tersebut di Makassar, Rabu (24/5/2023) lalu.

Dikatakan, undangan yang dikirim kepada Angkatan Laut (AL) di 48 negara.

MNEK 2023 merupakan kegiatan latihan dua tahunan yang digelar oleh TNI AL dari 33 negara ini, menjadikan MNEK 2023 di Makassar merupakan latihan AL terbesar di Asia Tenggara (ASEAN).

Sebagai informasi, MNEK pertama pada 2014 lalu digelar di Batam. MNEK kedua pada 2016 di kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar). MNEK ketiga di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Dan, MNEK keempat digelar tahun ini (2023) di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Diketahui, MNEK merupakan kegiatan latihan non - perang yang menekankan kerja sama maritim di wilayah regional, penanggulangan bencana, dan operasi kemanusiaan untuk memperkuat kerja sama antara TNI AL dengan negara sahabat.

MNEK 2023 mengangkat tema 'Partnership to Recover to Rise Stronger atau Latihan Bersama untuk Meningkatkan Profesionalisme TNI dalam Melaksanakan Diplomasi dan Kerja Sama Militer.

Puncak acara berlangsung selama tiga hari. Ada beberapa agenda yang akan dilakukan pada militer tersebut selama di Makassar. 

Aksi sosial perbaikan layanan kesehatan di pulau Barrang Lompo. Kemudian keliling loring untuk melakukan pembersihan hingga aksi sosial lainnya.

Disamping kegiatan pembangunan fasilitas umum atau Engineering Civic Action Programme (ENCAP). 

Bakti Kesehatan atau Medical Civic Action Programme (MEDCAP), Parade Kota, Program Budaya, Pameran Maritim, Program Kuliner, hingga pelaksanaan Sailing Pass dan Kapal seluruh negara yang berpartisipasi.

Kegiatan ini juga akan diisi proses pembuatan Kapal Pinisi yang merupakan perahu tradisional suku Bugis Makassar yang akan dihadiri oleh negara sahabat. Hal itu akan dipamerkan saat MNEK 2023.

Diperkirakan 5000 marinir akan hadir dalam agenda tersebut. 

Presiden Joko Widodo bersama Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) diharapkan  hadir pada kegiatan tersebut.


Reporter: Andi Razak BW/redaksi.

Tidak ada komentar