Breaking News

KOMISI 1X DPR RI MINTA PEMERINTAH PERKETAT PEGAWASAN PEMBERIAN VISA ( WNI )

 




RADAR JAKARTA NEWS 

SIMALUNGUN


JUM,AT 02,05 ,2023



Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena meminta pemerintah memperkuat pengawasan terhadap pemberian visa bagi warga negara Indonesia (WNI) yang ingin bepergian ke luar negeri. Hal tersebut guna mengantisipasi penyalahgunaan visa yang digunakan untuk mengirim tenaga kerja Indonesia ke luar negeri.


Melki menilai pemberian visa turis, visa ziarah, dan visa umrah harus dilakukan dengan proses penelitian yang ketat. Pemerintah harus memastikan WNI yang mendapatkan visa tersebut benar-benar melakukan kegiatan yang sesuai.


"Jangan sampai pemberian visa tersebut digunakan untuk modus sindikat tindak pidana perdagangan orang dengan mengiriman TKI secara ilegal ke luar negeri," ujarnya.


Melki mengatakan apabila visa diurus melalui perusahaan atau penyelenggara perjalanan, maka pihak tersebut harus memastikan siapa yang bertanggung jawab apabila ada ketidak sesuaian peruntukannya.


"Perusahaan atau penyelenggara (perjalanan) yang menjadi bagian yang dijamin atau bisa dihubungi (ketika ada penyalahgunaan visa)," kata Melki.


( RIJAL )

Tidak ada komentar