Breaking News

Jelang Pemilu 2024, Orientasi dan Bimtek Bacaleg Partai NasDem Se - Sulawesi Digelar di Makassar, Surya Paloh: Jangan Jadi Kader Kalau Terpaksa.

 



Makassar, Radar Jakarta News.com


Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) Rabu, 14 Februari 2024 mendatang, suhu politik di tanah air makin meningkat. 'Mesin politik' partai makin dipanaskan. Di antaranya Partai NasDem, walau isu tak sedap menghantam partai besutan Surya Paloh tersebut. Terkait hal itu, Orientasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) bakal calon legislatif (bacaleg) Partai NasDem Se - Sulawesi digelar di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) selama tiga hari sejak Kamis, 22 Juni 2023 hingga Sabtu, 24 Juni 2023 lalu.

Acara dilaksanakan di Hotel Claro, Jl. A.P. Pettarani diikuti keenam provinsi di Sulawesi yakni, Sulsel, Sultra, Sulut, Sulbar, Sulteng, dan Gorontalo. 

Dalam pertemuan politik tersebut, Ketua Umum (Ketum) Partai NasDem Surya Dharna Paloh meminta semua kader tidak terpaksa bergabung ke Partai NasDem.

Hal itu ditegaskkan Surya Paloh dalam pidato politiknya, Kamis (22/6/2023) siang.

"Saya berharap kehadiran saudara - saudara bergabung di partai ini untuk kemudian maju menjadi calon dewan perwakilan rakyat baik tingkat nasional atupun daerah bukan karena terpaksa, tapi keterpanggilan hati saudara," tegas pemilik media group tersebut.

Dikatakan Paloh, partai ini jelas ingin memberikan sesuatu yang amat sangat berarti bagi kelangsungan berkebangsaan. Partai ini tetap mempertegas obsesi dan idealismenya agar Indonesia bisa berjalan secara konsisten sesuai cita - cita proklamasi.

Dihadapan ribuan kader, elte partai termasuk Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL), plt. Sekjen Partai NasDem Hermawi Taslim, Koordinator Bappilu NasDem Prananda Surya Paloh, Wakil Ketua DLR RI Rachmad Gobel, Wakil Ketua Umum Ahmad Ali, Hendrik Setiawan, Dr. Chairudin, Deddy Miswar, Ketua DPW NasDem Sulsel Rusdi Masse Mappasessu (RMS), Ketua OKK NasDem Sulsel Tobo Haeruddin, Wakil Ketua DPRD Sulsel Syaharuddin Alrif, Sekretaris Panitia Penyelenggara Mario David, dan Ketua Panitia Penyelenggara Rudianto Lallo yang merupakan Ketua DPRD Kota Makassar, Paloh menegaskan, bahwa Partai NasDem tidak mau menempuh jalan yang sangat mudah hingga melupakan prinsip idealisme partai dan ikut arus.

"Katakan yang salah itu benar dan sembunyikan yang benar walaupun itu salah. Nah, itu yang paling mudah. Kalau jalan yang paling mudah saya pikir itu bukan NasDem. Maka saya harus memberitahu kita akan menghadapi tantangan besar," sebutnya.

"Saya kemudian ke saudara, siapkah kita hadapi tantangan itu? partai ini membutuhkan kader - kader yang punya daya juang untuk melintasi tantangan itu," ujarnya, disambut tepuk tangan meriah ribuan kader.

Surya Paloh sempat curhat terkait posisinya yang saat ini memimpin NasDem. Dia mengungkapkan, bagi dirinya yang sudah umur di atas 70 tahun dalam memimpin NasDem hendak mencari apa? sebuah kekuasaan, harta atau bahkan jabatan.

"Apa yang perlu saya cari? hartakah? Itu pertanyaan yang selalu saya tanya pada diri ini. Saya mengatakan, saya mencari kebanggaan. Kebanggaan itu meninggalkan sesuatu yang berarti walau belum tentu saya menikmatinya, tapi sebuah kenangan pernah ada di negeri ini seorang pemimpin partai yang tetap konsisten dalam menghadapi berbagai rintangan dan tantangan," terangnya.

Dikatakan Paloh, Sulawesi merupakan bagian dari Benteng Kekuatan Utama Partai NasDem dan wilayah provinsi yang berada di Timur Indonesia bernama Kalimantan, Papua, NTT juga NTB.

"Sulawesi adalah bagian dari Benteng Utama dalam menyokong dari pada Partai NasDem. Untuk itu partai ini memerlukan keteguhan hati saudara - saudara serta semangat dan profesionalisme yang saudara miliki," kata Surya Paloh mengakhiri pidato politiknya di Makassar yang dihadiri sekitar 1.300 orang bacaleg Partai Nasdem.

Sebagai informasi, Surya Paloh bersama rombongan mendarat di Bandara lama, Maros, Sulsel, Kamis (22/6/2023) sekitar pukul 11:05 menggunakan pesawat Charter Flight Embraer 135 Bj/PK - RjP.

Surya Paloh dijemput Ketua DPW NasDem Sulsel Rusdi Masse, Mentan SYL, Bupati Barru Suardi Saleh, Bupati Pinrang H.A. Irwan Hamid, Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi, Wali Kota Palopo Judas, dan sekitar 500 - an orang relawan Partai NasDem.


Reporter: Andi Razak BW/redaksi.

Tidak ada komentar