Breaking News

Pesta Ujung Tahun 2022 Parsahutaon Dormauli (II⁵), Marhobas

 




DUMAI, —

 Sudah jadi kebiasaan masyarakat etnis Batak, baik di Kampung Halaman maupun di perantauan untuk selalu membentuk "PARSAHUTAON". Parsahutaon adalah kumpulan masyarakat Batak (KK) yang beranggotakan di suatu daerah atau lingkungan.


Tujuan pembentukan Parsahutaon adalah untuk melakukan kegiatan adat istiadat, sosial baik sukacita maupun dukacita.


Dan lazimnya di akhir tahun mereka akan mengadakan pesta syukuran, sebagai tanda ucapan terimakasih kepada Tuhan YME, bahwa hingga akhir tahun semua anggota bisa melewati tahun tersebut dalam keadaan sehat waalfiat tanpa kekurangan suatu apapun.


Dan pesta syukuran biasanya di adakan di rumah kediaman anggota atau gedung yang telah di booking sebelumnya.


Perlu diketahui, Pesta Ujun Taon Parsahutaon Dormauli II⁵ telah 3 tahun tidak melakukan Pesta Ujun Taon, karena faktor Pandemi Covid-19. Jadi bisa dibayangkan, bagaimana sukacitanya Parsahutaon Dormauli untuk melakukan pesta tersebut.


Minggu (11/12/2022) subuh 05.00 WIB, PARSAHUTAON DORMAULI (II⁵) Kelurahan Bukit Batrem Kecamatan Dumai Timur Kota Dumai adakan persiapan untuk pesta syukuran akhir tahun (UJUNG TAON). Persiapan tersebut berupa MARHOBAS atau biasa di sebut REWANG.


Dan kali ini Marhobas atau Rewang sekaligus Pesta Ujun Taon di adakan di Jln Utama Karya Gg Damai, tepatnya di Halaman Rumah Kediaman Ihut Hutabarat Boru Aritonang atau Pak Brian.


Ketua Parsahutaon adalah D Simanjuntak, Sekretaris J Hasibuan dan Bendahara D Marbun.


Tampak beberapa bapak-bapak dan ibu-ibu lakukan tugas yang telah di amanahkan kepada nya, sesuai hasil rapat beberapa hari sebelumnya. Ketua Marhobas kali ini dipercayakan kepada Bapak Situmorang.


Ada membersihkan, memotong dan memasak sayuran. Sementara kaum bapak-bapak bertugas memasak nasi dan memasak daging. Tampak suasana akrab penuh kekeluargaan.


(ES)

Tidak ada komentar