Breaking News

Mulai Dilirik, BPTP Riau Adakan Bimtek Penguatan Pengembangan Tanaman Sorgum Terstandar

 




DUMAI, RADARJAKARTA.NET—

 Bimtek penguatan pengembangan tanaman sorgum di Provinsi Riau sangat perlu, sebagai upaya untuk menyebarluaskan hasil-hasil litkaji dan inovasi teknologi Sorgum yang sudah dimulai melalui kegiatan Rintisan Perbenihan Komoditas Tanaman Sorgum.


Sorgum adalah tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan, pakan ternak dan bahan baku industri. Sebagai bahan pangan, Sorgum berada pada urutan ke-5 setelah gandum, jagung, padi, dan jelai. Sorgum merupakan makanan pokok penting di Asia Selatan dan Afrika sub-sahara. Saat ini, Sorgum sudah mulai dilirik beberapa daerah di Indonesia untuk dibudidayakan.


BPTP Riau melaksanakan Bimtek penguatan pengembangan sorgum terstandar di Kota Dumai yang merupakan lokasi terakhir pelaksanaan bimtek setelah Kabupaten Siak dan Kampar.


Bimtek di Kota Dumai dihadiri oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Dumai H. Syahrinaldi, S.Sos, M.Si; Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Dumai Ir. Azizah, M.Si; Komandan Mako Lanal Dumai yang diwakili Letda Justin (Perwira Staf Potensi Maritim); Camat Medang Kampai Indra Gunawan, S.Sos., M.IP; Kepala BPTP Riau Dr. Shannora Yuliasari, STP., MP., Sub Koordinator KSPP Fahroji, STP., M.Sc., Narasumber dari BPTP Riau, Agussalim Simanjuntak, S.Pt., M.Si., dan Ahmad Nirwan, SP; anggota tim kegiatan bimtek sorgum BPTP Riau, Koordinator Penyuluh dan POPT dan peserta bimtek yang terdiri dari penyuluh serta petani dari Kecamatan Medang Kampai sebanyak 50 orang.


Bimtek dilaksanakan di Aula Kecamatan Medang Kampai, Kota Dumai pada Selasa (7/12/2022).


Camat Medang Kampai menyampaikan, bahwa komoditas Sorgum merupakan komoditas baru di Kota Dumai. Dengan adanya bimtek dan praktek lapang penanaman sorgum di kecamatan Medang Kampai semoga menjadi terobosan baru untuk mengatasi masalah pangan dan mendukung upaya ketahanan pangan. Camat berharap semoga ilmu tentang teknologi budidaya sorgum dapat bermanfaat bagi peserta bimtek.


Kepala BPTP Riau dalam sambutannya menyampaikan komoditas sorgum merupakan komoditas strategis nasional yang telah dicanangkan oleh Presiden. Sorgum potensial untuk dikembangkan di Provinsi Riau dikarenakan kondisi lahan sesuai dengan syarat tumbuh sorgum. Kelebihan tanaman sorgum ini adalah memiliki daya adaptasi tinggi serta tidak memerlukan input produksi yang tinggi. Sebagai upaya mendampingi pengembangan komoditas strategis Kementerian Pertanian, maka BPTP Riau melaksanakan bimtek budidaya sorgum terstandar di Provinsi Riau. Sebelumnya sudah dilaksanakan bimtek sorgum di tiga lokasi, yaitu Kecamatan Bunga Raya dan Sungai Mandau, Kabupaten Siak, serta kecamatan Bangkinang, Kabupaten Kampar. 


Lebih lanjut, Shannora Yuliasari menyampaikan peran BPTP Riau dalam menyiapkan benih sorgum untuk memenuhi permintaan petani sehingga diharapkan kedepan petani dapat meningkatkan produktivitas lahan dan pendapatan melalui budidaya sorgum.


Letda Justin juga menyampaikan terima kasih kepada BPTP Riau karena telah mengadakan bimtek sehingga dapat bersinergi dengan Mako Lanal 1 Dumai dalam mengoptimalkan potensi maritim  yang merupakan salah satu program kerja dari Danlanal Dumai.


Syahrinaldi  juga menyampaikan terima kasih kepada BPTP Riau menyelenggarakan bimtek sorgum. Diharapkan peserta bimtek mendapat pencerahan tentang sorgum mulai dari budidaya, pengolahan, pemasaran, dan  produk hilir sorgum.  Diharapkan peserta bimtek dapat mengikuti bimtek secara seksama sehingga jika dipraktekkan dapat  meningkatkan perekonomian dan mendukung ketahanan pangan dalam menghadapi tantangan krisis pangan yang diperkirakan akan terjadi kedepan.


Dalam kegiatan bimtek juga diserahkan benih Sorgum label kuning kepada Ketua Kelompk Tani Pelintung Jaya Mudin, untuk selajutnya ditanam di lahan petani sekitar 2 Ha dan kedepan diharap dapat menjadi sumber benih sorgum bagi petani untuk mengembangkan sorgum kedepannya.


Ahmad Nirwan, menyampaikan materi tentang Budidaya Tanaman Sorgum dilanjutkan Agussalim Simanjuntak,Agussalim Simanjuntak, menyampaikan materi tentang Pemanfaatan Sorgum sebagai Pakan Ternak. Peserta antusias dalam menyimak materi yang disampaikan narasumber dan memberikan umpan balik berupa pertanyaan dan tanggapan. 


Selanjutnya dilaksanakan tanam bersama sorgum oleh Kepala BPTP Riau didampingi Kabid TPH Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Kecamatan Medang Kampai, dan petani penyuluh peserta bimtek di lahan sekitar BPP Medang Kampai.



(ES)

Tidak ada komentar