Breaking News

Bupati Zahir dan Vicktor Oktopianus Saragih, SH diNobatkan Sebagai Penasehat Pengurus DPC PMS Batu Bara

 


Batu Bara-Sumut, radarjakarta.net

Bupati Batu Bara Ir. H Zahir, M.AP menghadiri dan melantik Ketua DPC. Partuha Maujana Simalungun (PMS) Kabupaten Batu Bara di Desa Laut Tador, Kecamatan Laut Tador Sumatera utara, Minggu (04/12/2022).


Pengurus yang dilantik yakni Syahrizal Purba sebagai Ketua,  Aliman Saragih sebagai Sekretaris dan Arianda Damanik Bendahara.


Bupati Batu Bara, Ir. H Zahir.M.AP dan Vicktor Oktopianus Saragih, SH Ketua DPC. Pejuang Bravo Lima Batu Bara  dinobatkan sebagai penasehat kepengurusan DPC. Partuha Maujana Simalungun (PMS) Batu Bara.


Dalam sambutannya, Ketua Umum Presidium DPP. PMS Marsiaman Saragih SH mengatakan: Berharap agar suku Batak Simalungun dapat solid, semoga dengan terlaksananya patappei sihilap (pelantikan), nantinya dapat memajukan budaya Simalungun sebagai satu suku budaya masyarakat yang ada di Kabupaten Batu Bara, harapnya.


Dia juga berpesan kepada Ketua yang baru dilantik agar nantinya dapat bersinergi dengan Pemkab Batu Bara sehingga dapat bersama-sama memajukan kabupaten tercinta ini, imbuhnya. 


Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir M.AP mengapresiasi terbentuknya organisasi Batak Simalungun di Batubara.


Dalam arahannya dia mengatakan, mendukung akan pelantikan Partuha Maujana Simalungun ini. Menurut Zahir,  merupakan yang pertama kalinya organisasi etnis Batak Simalungun berdiri di Kabupaten kita. 


Diharapkan dengan hadirnya DPC. PMS ini dapat menambah kemajuan terhadap Batu Bara melalui sumbangsih ide-ide dan gagasan yang diberikan.


Pastinya saya selaku Bupati akan tetap mengayomi seluruh Etnis Suku dan Budaya yang ada di Kabupaten Batu Bara sesuai sila ke lima Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia, pungkasnya. 


Vicktor Oktopianus Saragih,SH,  juga berharap agar segala kegiatan adat dan tradisi kedaerahaan Simalungun untuk lebih digalakkan lagi.


Partuha Maujana Simalungun (PMS) ini merupakan persatuan bagi marga Saragih, Sinaga, Damanik dan Purba. Melalui kegiatan ini saya mengajak kepada saudara-saudara saya yang bermarga tersebut dapat bergabung dengan kami,” ujarnya. 


Vicktor menambahkan,  bahwa tradisi dan adat merupakan warisan budaya dari para leluhur yang harus dijaga kelestariannya, agar generasi bangsa mengetahui budaya yang mereka miliki. Maka dari itu kita harus galakkan tradisi-tradisi kedaerahan yang positif, diantaranya, perayaan Marsombuh Sihol yaitu malam hiburan seni untuk melepas rindu yang kerap dilakukan oleh perantau Simalungun.


Kegiatan seperti ini harus tetap dijaga dan dilestarikan. Karena kegiatan ini merupakan silaturahmi yang banyak manfaatnya, yakni bisa menambah rezeki, menjaga tubuh yang sehat dan juga memperpanjang umur, sebut Vicktor.(Sp) 

Tidak ada komentar