Breaking News

Sumpah Pemuda 2022 SMKN 5, Jaksa Pimpin Upacara

 




DUMAI, RADARJAKARTA.NET

— Sempena peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-94 Tahun 2022, Kajari Dumai Dr. Agustinus Herimulyanto, SH., MH., Li., diwakili Kasi intelijen Abu Nawas, SH., MH., bersama stafnya melaksanakan program Jaksa Masuk Sekolah (JMS) di SMKN 5 Dumai, Jumat (28/10).


Kegiatan JMS merupakan upaya inovasi dan komitmen Kejaksaan RI dalam meningkatkan kesadaran hukum kepada warga negara khususnya masyarakat yang statusnya sebagai pelajar berdasarkan Keputusan Jaksa Agung RI Nomor : 184/A/JA/11/2015, tanggal 18 November 2015.


Program JMS dituju untuk siswa SD, SMP hingga SMA untuk memperkaya khasanah pengetahuan siswa terhadap hukum dan perundang-undangan serta menciptakan generasi baru taat hukum untuk tujuan Kenali Hukum Jauhkan Hukuman.


Kali ini, program JMS yang dilangsungkan di SMK Negeri 5, Jalan Sekolah, Kelurahan Mekar Sari ini, diawali dengan Upacara Bendera Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022.


Upacara yang dimulai tepat pukul 08.00 WIB berlangsung tertib dan khidmat, diikuti Kepala Sekolah SMKN 5, H. Poyong, S.Pd., M.Si dan Jajaran, majelis guru, serta seluruh siswa/i SMKN 5 Dumai yang mengenakan pakaian adat nusantara.


Dihadapan siswa siswi SMKN 5 Dumai, Kasi Intelijen Kejari Dumai Abu Nawas selaku Pembina Upacara mengatakan, Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun ini mengangkat tema “Bersatu Bangun Bangsa”.


“Tema ini bermakna bahwa persatuan menjadi kekuatan yang tangguh untuk membangun peradaban yang unggul,” ucapnya.


Lanjutnya, Abu Nawas menyampaikan bahwa dihadapannya berdiri generasi Kota Dumai yang merupakan harapan bangsa, tonggak masa depan NKRI.


“Tanpa adanya pemuda sebagai penerus, suatu negeri tidak akan bisa melanjutkan estafet pembangunan untuk meraih cita-cita bangsa,” ucapnya.


Sempena Hari Sumpah Pemuda ini, Abu mengajak siswa dan siswi SMKN 5 Dumai untuk semangat belajar dengan motto, “Belajar Keras, Belajar Ikhlas, Belajar Cerdas, Belajar Tuntas.


“Dengan motto ini, Insyaallah ananda semua bisa sukses dalam meraih cita-cita dan menyongsong masa depannya. Tetapi ada beberapa hal yang harus di hindari yaitu jangan malas, jangan minder, jangan putus asa, jangan narkoba, jangan judi, jangan tawuran, jangan melawan orang tua, jangan jadi penghianat,” tegasnya.


Di zaman modern ini, dirinya mengakui banyak lika liku, tantangan, hambatan, ancaman yang menghantam keutuhan NKRI diantaranya komunis, aliran keagamaan, radikalisme, narkoba, pornografi, media sosial, dan lain sebagainya.


Maka dari itu, Abu ngajak semua anak bangsa untuk lebih arif, bijak, teliti, dengan berbagai macam bentuk adu domba, hasutan, propaganda oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk menceraikan anak bangsa.


Tambahnya, Bung Karno pernah mengatakan “Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Berikan aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncang Dunia”.


“Harapan kami sebagai aparat penegak hukum, semoga persatuan dan kesatuan kita dapat terus terjalin. Kami selalu mengajak semua lapisan masyarakat khususnya generasi muda agar selalu menjaga keutuhan NKRI, karena dengan pemuda bersatu, Indonesia yang kita cintai ini akan kokoh dan tidak akan di jajah oleh bangsa manapun, oleh siapapun,” pungkas Abu.


Kegiatan dilanjutkan dengan penerangan dan penyuluhan hukum yang dipaparkan Abu Nawas didampingi para stafnya.


Materi yang disampaikan diantaranya yaitu bahaya narkoba, bijak bersosial media, menjelaskan mengenai peran Kejaksaan Republik Indonesia, serta memberikan motivasi agar para pelajar semangat dalam menempuh pendidikan demi tercapainya kesuksesan.


Penyuluhan ini mendapatkan respon positif dari siswa siswi SMKN 5 Dumai, hal itu dapat dilihat dari keaktifan mereka dalam sesi tanya jawab mengenai materi yang telah diberikan.


Secara terpisah, Kepala Sekolah SMKN 5 H. Poyong, S.Pd., M.Si, mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Kajari Dumai yang diwakili Kasi Intel Abu Nawas beserta stafnya yaitu, Lentina Renova, A.Md., Yosua Sinaga, SH, dan Devi Margareta, A.Md.


“Terima kasih karena“Terima kasih karena telah hadir di sekolah kami, telah membimbing, membina kami, membahagiakan kami hari ini, dalam program JMS,” tuturnya.


Ia mengaku senang sekali atas kedatangan Kejaksaan Negeri Dumai yang telah menyempatkan hadir, berkunjung dan menjadi pembina upacara bendera peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 di SMKN 5 Dumai.


“Semoga yang disampaikan oleh Kasi Intel tadi, untuk menjadi cambuk dan motivasi buat anak-anak didik kami, agar kelak menjadi anak yang berguna bagi nusa dan bangsa, atau kelak ada yang jadi jaksa, amin,” tutup Poyong.



(Dumai Pos News/ES)

Tidak ada komentar