Breaking News

Bersama Thailand dan Malaysia, Dumai Masuk Segitiga, Pemko Kerjasama dengan Yayasan Sulaimaniyah Turki dan PT. China Harbour Indonesia

 



DUMAI, radar jakarta —

Pemerintah Kota (Pemko) Dumai bersama Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sekretariat Daerah Provinsi Riau menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Peningkatan Pemahaman Terhadap Kerja Sama Luar Negeri, sesuai Permendagri No: 25 Tahun 2020, di Ruang Rapat Wan Dahlan Ibrahim, Rabu (12/10/2022).


Dalam rapat tersebut, Sekda H. Indra Gunawan menyebutkan, bahwasanya pemko saat ini sedang menjalin kerja sama dengan Yayasan Sulaimaniyah Turki dalam Bidang Pendidikan. 


Pemko Dumai juga ada penjajakan kerja sama dalam bidang kepelabuhan dan peti kemas dengan PT. China Harbour Indonesia.


"Bukan itu saja, kita telah ada kesepakatan antara Indonesia, Malaysia dan Thailand, Growth Triangel (IMT GT), merupakan pengembangan Ekonomi kawasan segitiga Indonesia, Malaysia dan Thailand. Adapun Kota Dumai masuk dalam portofolio Transportasi. Oleh karena perlu keseriusan daerah, provinsi dan pusat dalam kerja sama ini,"ucap Sekda


Dalam rapat tersebut hadir Endinovelly, ST., MT., Tim bagian Kerjasama dan Perbatasan Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sekretariat Daerah Provinsi Riau sebagai narasumber pada rapat koordinasi tersebut.


Endinovelly, berujar, untuk tahapan yang harus ditempuh dalam kerjasama antar negara meliputi, prakarsa, dilanjutkan penjajakan, kemudian pernyataan kehendak kerja sama, kemudian disetujui DPRD, verifikasi, penyusunan rancangan, pembahasan naskah rancangan, lalu persetujuan menteri, lalu tahap penandatanganan naskah kerja sama, dan pelaksanaan kerja sama.


"Saat ini kita perlu menyusun pemetaan potensi kerja sama. Dukungan dari stake holder juga sangat dibutuhkan, juga kerjasama Kementerian Luar Negeri dan Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri, dan tentunya komunikasi dengan Kementerian Dalam Negeri Direktorat Fasilitasi Kerja Sama," imbuhnya.


Dari rakor diharap masukan dari OPD lain terkait potensi yang dapat ditonjolkan dan tentunya pemahaman yang baik terkait regulasi yang harus ditempuh agar terjalin kerja sama Dumai dengan lembaga di luar negeri.


Rapat di hadiri Kabag Kerja Sama, Kepala OPD, Pejabat Struktural dan Fungsional di lingkup Pemko Dumai.



(Diskominfotiksan/ES)

Tidak ada komentar