Breaking News

Unik, PBAK FTK UIN Alauddin Makassar Ditutup dengan Upacara Adat, Rektor: Puji Dekan.

 






Makassar; Radar Jakarta,-

Pengenalan Budaya Akademik Kampus (PBAK) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar ditutup dengan upacara adat.

Mahasiswa baru menggunakan pakaian adat Bugis Makassar.

Upacara adat ala mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023 itu dilangsungkan di halaman parkiran fakultas, pada Rabu (31/8/2022) lalu yang dihadiri oleh Rektor UIN Alauddin Makassar Prof. Hamdan Juhannis didampingi Kepala Biro AAKK Dr. Kaswadi Sartono.

DIsamping itu pula, Dekan FTK UIN Alauddin Dr. H.A. Marjuni, M.Pd bersama para wakil dekan, ketua prodi dan sekretaris prodi.

Upacara adat ini berlangsung secara meriah dengan berbagai penampilan diikuti 567 Mahasiswa baru (Maba).

PBAK FTK UIN Alauddin ini terbilang unik dengan konsep adat Bugis - Makassar, para mahasiswa menggunakan bando. Kemudian panitia menampilkan tarian Anggaru.

Rektor Prof Hamdan mengapresiasi dan menyampaikan pujian terhadap dekan fakultas tarbiyah dan keguruan yang senantiasa membangun sinergitas.

"Fakultas Tarbiyah ini, fakultas terfavorit di UIN Alauddin Makassar. Pimpinannya selalu bersinergi," kata Guru Besar Sosiologi itu di hadapan Maba.

Penulis buku "Melawan Takdir" itu meminta Maba melaporkan jika ada tindakan kekerasan selama proses PBAK UIN Alauddin Makassar, baik di lingkungan universitas, fakultas, dan prodi.

"Tandai mukanya kalau ada yang melakukan kekerasan. Saya akan tuntut di akhirat kalau tidak selesai di dunia. Saya tidak akan mentoleransi aksi kekerasan yang terjadi," tegas Prof. Hamdan.

Sementara itu, Dekan FTK UIN Alauddin Makassar Dr. H.A. Marjuni, M.Pd mengucapkan terima kasihnya kepada panitia dan seluruh sivitas akademika yang telah mensukseskan PBAK.

Ia berpesan kepada Maba agar senantiasa belajar untuk meraih kesuksesan di masa mendatang.

"Setelah PBAK ini, waktunya kalian menjalani tugas anda sebagai mahasiswa, yaitu belajar, belajar, dan belajar. Apa yang kalian dapatkan dari PBAK ini, itu bagian dari dinamika kehidupan," katanya.

Dalam proses upacara adat ini, Dr. Marjuni juga diberikan Songkok Racca. Kemudian ia membacakan ikrar atau sumpah yang diikuti oleh Maba angkatan 2022/2023 yang diberi nama "PROGRESIF."

Demikian RJ.NET mewartakan seperti di dilansir dari Humas UIN Alauddin Makassar.

"Salama'Ki Tapada Salama!"


Reporter: Andi Razak BW.

Editor: Ra Ja.net/redaksi.

Tidak ada komentar