Breaking News

Anggaran Pilwabub Tidak Besar,Dewan : Kita Bisa Anggarkan Sendiri*

 




Muara Enim -- Terkait tidak adanya anggaran untuk penyelanggaraan pemilihan wakil Bupati Muara Enim yang akan di selenggarakan dalam waktu dekat ini oleh DPRD,seperti yang di sampaikan Pj. Sekda Muara Enim H. Riswandar,pada pemberian di media lain Sebelumnya,dengan ini DPRD Muara Enim siap untuk menganggarkan sendiri untuk pelaksanaan Pilwabub tersebut,hal ini di jelaskan oleh Ketua DPRD Kabupaten Muara Enim Liono Basuki Bsc saat di konfirmasi media ini melalui sambungan via telpon kepada nya pada Sabtu, (27/08/2022).


" Masalah anggaran dalam pelaksanaan Pilwabup Muara Enim,kami DPRD Muara Enim siap menganggarkan dan akan tetap melaksanakan Pilwabup itu sesuai dengan rencana dan surat Kemendagri yang telah disampaikan kepada kami,dan kami akan menggunakan anggaran yang ada di DPRD Kabupaten Muara Enim walaupun minim namun kami akan semaksimal mungkin dalam pelaksanaannya ," ujar Liono Basuki Ketua DPRD kabupaten Muara Enim kepada media ini. 


Liono juga menjelaskan, terkait mekanisme dalam pemilihan wakil Bupati Kabupaten Muara Enim yang akan di selenggarakan dalam waktu dekat di DPRD kabupaten Muara Enim. Ia menjelaskan, sudah memasuki dalam tahapan teknis yaitu mamasuki tahapan penyusunan Panitia Khusus (Pansus), Tata Tertib (Tatib) dan terakhir akan kita susun Panitia Pemilih (Panlih) pada Senin,(29/08/2022).


" Ini sebenarnya, bukan ranahnya Pemkab Muara Enim, kalau Pemkab Muara Enim tidak ada anggaran untuk memfasilitasi Pilwabup ya ga soal,Pilwabup tetap akan dilaksanakan tentunya sesuai dengan aturan serta prosedur yang tertuang dalam surat Kemendagri," tegasnya.


Sementara itu Zulharman ST anggota DPRD Muara Enim dari partai pengusung partai Hanura juga menerangkan, dalam kode rekening  pemilihan Wakil Bupati berdasarkan Permendagri Nomor 90 Tahun 2019 tentang Klasifikasi, Kodefikasi, Dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan Dan Keuangan Daerah idak ada menjelaskan Rekening untuk Pemilihan Wakil Bupati dan yang ada itu pemilu secara langsung Pemilihan lima tahunan.


" Jadi dalam pemilihan Wabup yang tidak terjadwal waktunya dan tidak memakan banyak biaya, kode rekening yang di pakai yaitu program Pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD yang sudah dianggarkan di anggaran induk 2022 ," terangnya.


Zulharman juga menjelaskan dalam Pemilihan Wabup tidak terlalu banyak menggunakan anggaran cukup menyiapkan,pertama untuk makan dan minum peserta sidang secara umum, kedua kotak suara untuk pemilihan DPRD itu bisa menyurati KPU untuk meminjam kotak dan bilik suara, ketiga DPR bisa menyurati puhak rumah sakit untuk terkait check kesehatan, keempat  DPRD bisa menyurati TNI/Polri, Sat Pol PP dan Dishub dalam menjaga keamanan dalam prosesi pemilihan, dan terakhir surat suara yang di gunakan hanya 45 lembar.


"Jadi, tidak ada menjelaskan khusus terkait Pilwabup ini,dan tidak memakan biaya begitu besar, justru dalam Pilwabup yang akan di lakukan DPRD nanti sangatlah simpel dan murah,"pungkasnya.


Laporan : Hendra

Tidak ada komentar