Breaking News

*Akan Di Normalisasi, Kepala BPBD Morowali Tinjau Langsung Sungai Samarenda, Kec. Bumi Raya.*




Morowali - Sulawesi Tengah.

Pada hari ini selasa, 09/08/2022 peninjauan di lakukan kepala BPBD Morowali, Ilham Lamidu S.HI, M.M, di dampingi sekertaris kecamatan Bumi Raya Asrar Gawi bersama kapala desa Samarenda dengan tujuan untuk memastikan dan melihat langsung kondisi sungai Samarenda yang akan di reklamasi dalam waktu dekat ini. 


Kepala badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) Kab. Morowali Ilham Lamidu S.HI, M.M meninjau langsung sungai Samarenda di desa Samarenda kecamatan Bumi Raya, Kab. Morowali.


"Menurut Ilham Lamidu dalam waktu dekat ini, kita akan melakukan reklamasi sungai Samarenda. Olehnya kita meninjau langsung untuk melihat kondisi sungai Samarenda yang salama ini di keluhkan masyarakat. Saya tidak mau melakukan pembangunan kalau tidak lihat langsung, takutnya jangan sampai titiknya salah", ujar kapala BPBD Morowali kapada wartawan. 


Selama ini kata Ilham Lamidu, sungai Samarenda tersebut sudah banyak diusulkan dari pemerintah desa Samarenda maupun dari pemerintah kecamatan Bumi Raya ke BPBD morowali agar di lakukan reklamasi tapi tidak pernah mendapatkan realisasi.


Pada hal, setiap musim hujan turun kerap terjadi banjir di pemukiman warga akibat pendangkalan dan penyempitan sungai Samarenda sehingga air meluapkan ke permukaan warga, di tambah lagi posisi sungai Samarenda tepat di belakang rumah pemukiman warga. 


"Selama ini sudah sering di usulkan agar di lakukan normalisasi sungai Samarenda, tapi tak pernah tereliasasi. 

Insyaa Allah di masa kepemimpinan saya ini sebagai kapala BPBD Morowali sudah tereliasasi, apa yang selama ini yang di harapkan masyarakat Samarenda", tegas Ilham Lamidu kepala BPBD. 


"Jadi, intinya kedatangan saya melihat langsung kondisi sungai ini ternyata benar segera harus di normalisasi, mengingat sungai ini persis di belakang pemukiman warga.


Terkait rencana reklamasi ini, di katakan Ilham Lamidu sudah di alokasikan dalam APBD perubahan 2022 di mana tahun ini akan di lakukan reklamasi kurang lebih sepanjang 1 km.  Hal ini mendapat persetujuan langsung dari bupati Morowali setelah dirinya berkoordinasi langsung, demikian halnya ke DPRD Morowali sudah menyetujui penganggarannya di APBD perubahan 2022. 


Kepala BPBD Morowali ini berharap kepada seluruh jajaran BPBD Morowali perlunya gerakan yang sama dan gerakan yang cepat di masa kepemimpinan dirinya sebagai kepala BPBD Morowali untuk menyahuti segala keluhan kebencanaan yang ada di masyarakat.



"Harapan kita kedepan agar permasalahan kebencanaan yang ada di masyarakat harus segera di tindak lanjuti. Makanya, selama ini terkesan saya sering marah-marah, pada hal harapan saya perlunya gerakan yang sama dan cepat tuntas bersama seluruh staff", pungkas Ilham Lamidu. 


Di tempat yang sama sekcam Bumi Raya Asrar Gawi mengapresiasi kedatangan kepala BPBD Morowali yang sudah menyampatkan diri untuk meninjau langsung sungai Samarenda yang selama ini di keluhkan warga Samarenda. 


"Kita apresiasi, kedatangan kepala BPBD Morowali meninjau sungai Samarenda. Mudah-mudahan tahun ini sudah di lakukan reklamasi", harapannya. 


"Kemudian kades Samarenda, Tamsil, di wawancarai media mengakui, sudah beberapa kali di ajukan permohonan reklamasi sungai Samarenda tapi tidak pernah tereliasasi, nanti sekarang barulah di realisasikan. 


"Kami dari pemerintah desa dan masyarakat Samarenda bersyukur dan berterimakasih kepada pemerintah daerah dalam hal ini kepala BPBD Morowali sudah turun langsung meninjau sungai Samarenda dan baru kali ini di kepemimpinan Ilham Lamidu sebagai kepala BPBD Morowali saat ini turun langsung melihat kondisi sungai Samarenda", terangnya 



        Rpdm.

Tidak ada komentar