Breaking News

Jelang Hari Raya Idul Adha Mentan SYL Tinjau Langsung Bongkar Sapi Lokal dari NTT Tujuan Jabodetabek.

 



Radar Jakarta -

  Menteri Pertanian (Mentan) Prof.Dr. Syahrul Yasin Limpo, SH, M.Si., MH (SYL) meninjau secara langsung proses bongkar muat Sapi lokal asal Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang akan dikirim ke Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) dan sekitarnya pekan ini.

" Saya meninjau langsung bongkar muat Sapi Lokal yang dikirim dari Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk memenuhi kebutuhan hewan kurban di Jabodetabek dan sekitarnya," kata mantan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) dua periode itu.

Dikatakan, sapi-sapi itu didatangkan dari wilayah hijau atau bebas Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), seperti Kabupaten Kupang, NTT.

Dia menjelaskan, ketersediaan hewan ternak untuk kurban tahun ini dalam kondisi aman, meskipun ada PMK di sejumlah daerah.

"Berdasarkan laporan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi dan data Sistem Informasi Kesehatan Hewan Nasional yang Terintegrasi Indonesia(iSIKHNAS) per 10 Juni 2022, potensi ketersediaan hewan kurban mencapai 2.205.660 ekor, terdiri dari Sapi, Kerbau, Kambing dan Domba di seluruh Indonesia.

Mentan ke-28 Indonesia itu mengatakan akan bekerja semaksimal mungkin agar pelaksanaan kurban nanti aman.

"Kementerian Pertanian akan bekerja semaksimal mungkin dan berkoordinasi dengan suluruh stakeholder agar pelaksanaan kurban nanti aman bagi masyarakat kita," pungkasnya.

Sekadar informasi, berbeda dengan pemerintah, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah menetapkan Idul Adha 2022 jatuh pada 9 Juli 2022. Penetapan ini termaktub dalam Maklumat Nomor 01/MLM/IO/E/2022 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijah 1443 Hijriah.


Repoter: Andi Abdul Razak B.Wahiduddin.

Editor: Ra Ja.net/redaksi.

Tidak ada komentar