Breaking News

Diskominfo Morowali Ikuti Sosialisasi dan Bimtek Perizinan Izin Stasiun Radio (ISR).

 



Morowali , Sul - Teng , 

Dinas Komunikasi dan Informatika Daerah Kabupaten Morowali Provinsi Sulawesi Tengah, melalui Bidang Informasi Komunikasi Publik, mengikuti Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Perizinan Izin Stasiun Radio (ISR), di Hotel Ancyra, Kabupaten Poso, Kamis (23/6/22).


Kegiatan yang diselenggarakan Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Palu, Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kemenkominfo, menghadirkan narasumber dari Analis Pelayanan Dinas Bergerak Darat, Direktorat Operasi Sumber Daya, Zulfahmi, ST., MT, dan Irawan dari DPM-PTSP Provinsi Sulawesi Tengah.


Acara yang diikuti Diskominfo, Satpol-PP, Dinsos, dan BPBD se Provinsi Sulawesi Tengah bertujuan untuk mewujudkan tertib frekuensi dalam menggunakan perangkat yang sesuai dan terstandarisasi menuju transformasi digital.


Kegiatan Sosialisasi dan Bimtek Perizinan Spektrum Frekuensi Radio ini merupakan salah satu sarana pemerintah khususnya Ditjen SDPPI dalam mensosialisasikan peraturan serta amanat UU No 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja serta UU No 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi beserta aturan turunannya yang terupdate.


Selain itu, kegiatan ini untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, sebagai upaya mewujudkan penggunaan frekuensi radio yang tertib, efektif, dan aman, terlebih saat ini pelayanan perizinan penggunaan spektrum frekuensi radio telah dilakukan secara online (e-licensing), sehingga dapat menghemat waktu dan mengurangi proses birokrasi yang berbelit-belit dan memakan waktu yang lama. Hal tersebut dikatakan Kepala Balai Monitor Spektrum Frekwensi Radio Kelas II Palu, Hermanto, S.Kom., M.Sos, saat menyampaikan sambutannya.


Ia berharap, kepada seluruh Dinas atau Instansi terkait, Perusahaan/Swasta yang hadir hari ini agar dapat membantu menyebarluaskan informasi yang diberikan oleh para narasumber kepada seluruh pengguna Spektrum Frekuensi Radio yang belum berizin, agar dapat mengurus Izin Stasiun Radio (ISR) nya serta menggunakan perangkat telekomunikasi yang telah tersertifikasi oleh pemerintah.


‘’Kami harap seluruh pengguna Spektrum Freuensi Radio di Wilayah Sulawesi Tengah dapat memiliki legalitas yang sah dari pemerintah berupa ISR untuk mewujudkan tertib dan tidak menimbulkan gangguan satu sama lain,’’ pungkasnya.


Sementara itu, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo Morowali, Sadeli Karim, ST., M.M, mengungkapkan bahwa Sosialisasi dan Bimtek Perizinan ISR sangatlah bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan tentang regulasi frekuensi dalam menggunakan perangkat yang sesuai dan terstandarisasi menuju transformasi digital.


‘’Insya Allah, untuk mewujudkan Perizinan ISR di Kabupaten Morowali, kami akan mencoba mengkomunikasikan dengan pimpinan terkait syarat-syarat perizinan ISR, sehingga semakin membuka lebar keterbukaan informasi publik di Kabupaten Morowali,’’ tutur Sadeli Karim, usai mengikuti Sosialisasi dan Bimtek Perizinan ISR.


Diketahui, dalam kegiatan itu seluruh peserta mempelajari teknis pengurusan izin stasiun radio, pelayanan perizinan dan regulasi penggunaan spektrum frekuensi radio, regulasi teknis dinas bergerak darat dan radio siaran, serta mempelajari Online Single Submission (OSS) atau sistem perizinan  berusaha terintegrasi secara elektronik.


        Rpdm.

Tidak ada komentar